Pengertian IP Address Dan Cara Mengetahuinya

Cara Mengetahui IP dan Pengertiannya - Kita mulai dengan pengertian IP address itu sendiri, sederhananya IP address adalah Alamat Identifikasi Unik yang dimiliki oleh setiap komputer dan biasa digunakan untuk menghubungkan komputer 1 dengan yang lain menggunakan sebuah jaringan baik publik (Internet) ataupun lokal (LAN), maka berdasarkan penggunaannya IP Address bisa kita bagi 2 jenis, yaitu IP Publik dan IP Private.

Dari 2 jenis IP Address tersebut  maka muncul pula 2 cara untuk bisa mengetahuinya, berikut ini adalah 2 jenis alamat IP menurut penggunaannya beserta pengertian dan cara mengetahuinya:
IP Address Komputer Anda
1. IP Address Public

IP Address ini terdapat di setiap komputer yang terhubung dengan jaringan publik atau internet, alamat IP ini digunakan untuk menghubungkan 1 komputer dengan komputer lainnya melalui provider jaringan. Dan kepemilikannya pun diatur oleh provider atau operator jaringannya tersebut. 

Cara mengetahui IP Address Public ini sangat mudah, karena banyak sekali situs yang menawarkan jasa untuk melihat IP Address Publik kita (anda bisa menemukannya dengan mudah di internet), salah satunya adalah myipaddress.com, ketika anda mengunjungi situs tersebut anda akan langsung mengetahui IP Address Publik Jaringan anda. Berikut ini adalah IP Address yang muncul ketika saya mengunjungi situs web tersebut.
IP Address Publik Komputer Saya
2. IP Address Private / Local

Sedangkan alamat IP ini adalah alamat unik yang digunakan untuk menghubungkan komputer satu dengan lainnya menggunakan Jaringan LAN, mungkin kita biasa menemukannya di sebuah warnet untuk mnghubungkan Client 1, 2, 3 dengan komputer server.

Untuk bisa melihat IP Address private komputer, kita bisa memakai cara berikut ini jika anda menggunakan OS Windows:
  • Klik tombol Start
  • Ketikan Command Prompt pada kotak pencarian windows. Klik enter!

Hasil pencarian Command Prompt
  • Setelah ada tampilan seperti diatas, lanjutkan dengan meng-klik program Cammand Prompt tersebut, setelah programnya muncul kemudian ketikan "ipconfig" (tanpa tanda "). Setelah itu akan muncul tampilan seperti gambar berikut ini:

IP Address komputer yang ditampilkan oleh Command Prompt
Untuk melihat IP Address lokal kita, silahkan perhatikan baris IPv6 Address..................192.168.43.251, nah itulah alamat IP Local komputer saya. seperti itulah kira-kira Cara Melihat IP Address Komputer Kita.

Untuk lebih jelasnya silahkan anda sendiri saja, semoga artikel mengenai Pengertian Alamat IP dan Cara Mengetahuinya ini bisa bermanfaat bagi anda semuanya, terima kasih telah berkunjung dan sampai jumpa.

0 Response to "Pengertian IP Address Dan Cara Mengetahuinya"

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda dengan cara yang benar, sopan dan bertanggung jawab. Komentar yang mengandung pornografi, kekerasan, link hidup dan iklan tidak akan kami tampilkan karena akan merugikan pihak kami, terima kasih.

Entri yang Diunggulkan

Kisah Mistis Gunung Merbabu

Kisah Mistis Gunung Merbabu . Hal ini membuat bulu kuduk budi merinding yang mana saat itu ia datang kerumah si gadis pada tahun 2012. C...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel